Ayo Tuliskan!!

Laman

Sabtu, 25 Agustus 2012

"Brenti Jo Bagate" :Baru Bilang Orang Manado


Brenti jo bagate jang itu nyawa tagate nyak tabale-bale”( berhenti mabuk-mabukan, jangan sampai nyawa tersangkut tak kembali lagi), kiranya itu ungkapan yang pantas diajukan jempol untuk warga Manado di tahun 2012 ini. Bagaimana tidak? Kasus miras makin meningkat sebagai pemicu terjadinya tindak kejahatan lainnya.
Lantas apa yang seharusnya dihentikan agar Manado tetap menjadi pemegang “adipura”? bukan hanya karena kebersihannya, tapi juga bersih dari kasus-kasus yang mengotori reputasi Manado di mata nasional hingga internasional. Dan semua itu berawal dari miras, titik awal kejahatan lain membuat rantai kasus yang menjerat banyak pihak.
Miras, pembunuh mematikan
Sebagaimana yang dijelaskan oleh Abdul Mun’im Qandil dalam buku HIDUP SEHAT DENGAN AL QUR’AN. Para ilmuan menemukan bahwa pecandu minuman keras akan terkena berbagai penyakit. Sel-sel dan anggota badan pecandu akan segera mengalami kerusakan karena pengaruh zat-zat yang terkandung dalam minuman keras.
 Dr. Muhammad Ibrahim adalah salah satu diantara ilmuan yang banyak mengungkap tentang pengaruh minuman keras, terutama terhadap
jantung. Dalam penelitiannya terhadap paseinnya yang terbiasa minum-minuman beralkohol, beliau berkata, “ minuman keras memiliki pengaruh yang sangat berbahaya terhadap otot otot jantung. Aktivitas jantung perlahan-lahan akan mengendor dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Akhirnya, jantung sama sekali tidak bekerja. Inilah yang disebut prolapsi jantung. Anda menginginkannya?
Gejala gejalanya adalah:
1) Nafas berdenyut cepat yang disertai rasa sesak dalam dada, baik ketika jantung berdenyut maupun berhenti,
2) Paru paru dan hati tersumbat hingga macet,
3) Darah menetes keluar di atas kulit dan secara perlahan-lahan tersebar di seluruh tubuh.
Dari gejala ini banyak yang berakhir dengan kematian. Dr. Muhammad Ibrahim menyatakan bahwa seorang pemabuk akan cepat menderita pengerasan dinding pembuluh nadi. Jika pengerasan tersebut terjadi pada pembuluh nadi corona, yaitu: pembuluh nadi yang memasok darah kepada otot jantung, hal ini akan menyebabkan terputusnya saluran darah ke bagian dada. Dan akhirnya? Resiko kematian meningkat.
            Setelah sedikit tahu saja tentang bahaya miras, apakah Anda mau untuk dibunuh oleh miras? Jika mau silahkan. Asalkan dengan syarat siap dijerat undang-undang. Selain itu, dampak miras bagi tubuh masih banyak, bahkan bisa menyebabkan seseorang bertindak kriminal dan menjadi penyebab penularan penyakit.
Hal ini sesuai dengan ungkapan Wakil Sekretaris Sinode GKI di tanah Papua Pendeta Watopa saat membuka sidang klasis Biak Selatan, "Akibat pengaruh miras orang bisa melakukan tindakan kriminal serta menjadi penyebab penularan penyakit berbahaya HIV dan AIDS,".

Mata rantai kejahatan
Anda masih ingat dengan peristiwa “Xenia maut”? ya, Kecelakaan maut yang menyebabkan hilangnya sembilan nyawa akibat pengemudi mobil yang diduga teller karena pengaruh obat dan minuman keras, Afriani Susanti (29) di Tugu Tani, Jakarta, Minggu (22/1), menimbulkan keprihatinan yang mendalam. Betapa tidak, sembilan nyawa  melayang karena perbuatannya yang tak lain sedang mengkonsumsi miras.
Bukankah ini bukti nyata kalau miras menjadi mata rantai kejahatan lainnya, yaitu kecelakaan yang berujung pada kematian. Hal ini sesuai dengan data kepolisian, 75 persen kriminal dan 15 persen lakalantas akibat miras. DPRD Manado pun jelas ikut mendukung.
Selain itu Kapolda sulut Brigjen Carlo Tewu menjelaskan, bahwa sebagian besar kasus kejahatan yang terjadi di Manado dipicu oleh konsumsi minuman keras, baik itu pelaku kejahatan maupun korban. Sehingga wajar jika data kasus miras semakin meningkat di Manado.
Menurut Kapolda Sulut Brigjen. Pol. Decky Atotoy, Miras mempengaruhi kenaikan angka kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas di daerah. Sesuai data tindak kriminalitas selama 2011 di Sulut tercatat 12.576 kasus atau naik sekitar tiga persen dibandingkan 2010 sekitar 12.187 kasus (kompas.com).

Perutuh Bangunan Masyarakat
Pengaruh Miras dalam kehidupan masyarakat, seperti sebuah pemicu ledakan dahsyat yang dapat meluluhlantakan sebuah bangunan bertingkat, meskipun dibangun rangka baja yang sangat kuat. Miras juga bisa di Ibaratkan bahan-bahan yang mudah menimbulkan api yang berkobar-kobar dan menghanguskan apa saja yang ada di dekatnya.
Miras memang tak mengenal golongan, pangkat, suku, agama, tua-muda, maupun besar-kecil. Sebab siapapun dia, jika terpengaruh dengan  miras kadang susah menghentikannya. Bahkan miras ibarat candu bagi peminumnya, dan bentuknya miras dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri imaupun terhadap orang lain.
Contoh sebelumnya telah mencerminkan betapa miras bisa banyak memakan korban. Sehingga layak disebut sebagai peruntuh bangunan masyarakat. Bagaimana tidak? Fasilitas transportasi bisa rusak hanya karena peminum miras. Belum lagi nyawa orang lain bisa menjadi taruhan jika “ketidakwarasan sementaranya” belum kembali pulih karena mabuk.
Itulah beberapa alasan kenapa miras harus di-nonaktifkan dalam kehidupan. Karena kerugiannya lebih mendominasi ketimbang manfaat yang bisa didapat oleh para peminum miras. Dan hal ini ternyata telah jauh dilarang oleh setiap agama, sebagaimana yang dijelaskan:



 Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfa`at bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfa`atnya… ” [Al-Qur'an 2:219]
"Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras,engkau serta anak-anakmu,bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun" [Imamat 10:9]
.
Brenti jo bagate kalo memang suka umur panjang!
Brenti jo bagate kalo suka hidup masih mo panjang!
SUKSESKAN GERAKAN ANTI MABUK 2012!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

waaaw, this Post....

emang bagus Dek....

Unknown mengatakan...

makasih, kakq:)

kk eee... tahun depan harus pulang lho

Herman mengatakan...

mantap nih artikelnya..
salam blogger manado..

All Gaming mengatakan...

ijin copy artikelnya ya...
makasih sebelumnya :)