Ayo Tuliskan!!

Laman

Selasa, 07 Agustus 2012

Jurus Sukses Raditya Dika


JAKARTA - Siapa sangka hobi menulis bisa menghasilkan uang dan menjadikan kamu terkenal? Tidak percaya? Sebut saja, Raditya Dika.
Berawal dari hobinya menulis di blog pribadi mengenai kejadian sehari-hari, Radit berhasil menciptakan sebuah buku yang sangat terkenal dan digemari masyarakat segala usia, Kambing Jantan.
Tidak hanya Raditya Dika, kamu juga mampu menjadi seperti dia. Mau tahu caranya? Yuk, intip tips menulis komedi ala Raditya Dika.
1. Cari perspektif baru
Bukalah perspektif dan persepsi kamu mengenai suatu kejadian. "Sudah banyak penulis bermunculan. Tinggal bagaimana kamu mencari perspektif baru yang membuat kamu unik dan berbeda dari yang lain," kata Radit saat memberikan materi dalam seminar Kreatif Menulis Rejeki Tak Akan Habis di Auditorium Kampus Bina Nusantara (Binus) Anggrek, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (16/6/2011).
2. Temukan perspektif baru melalui pengalaman pribadi
Saat bingung dan tidak memiliki ide
apa yang hendak kamu tulis, kamu dapat menuliskan pengalaman pribadi atau kegiatan sehari-hari yang sederhana. Meski hanya berupa kegiatan sederhana yang kurang menarik, dengan cara pandang berbeda tulisan tersebut menjadi menarik.
3. Jangan takut mencoba menulis
Menulis merupakan kegiatan yang mudah, tidak membutuhkan biaya besar. Cukup dengan menyediakan waktu, selembar kertas dan alat tulis, telepon seluler, laptop atau komputer, kamu sudah dapat menciptakan sebuah tulisan.
4. Temukan ciri khasmu
Selera setiap orang tentu berbeda, demikian pula gaya menulis seseorang yang dapat menjadi ciri khas penulis tersebut.
5. Jangan takut dikritik
Sebagai pemula, belum tentu dapat langsung sukses saat mencoba menulis di kesempatan, namun jangan lantas berhenti menulis ketika mendapat kritik atau saran. "Saya pernah dikritik bahwa tulisan saya jelek. Tapi saya tidak lantas berhenti menulis," kata Radit.
Kritik yang membangun dapat membantu kamu untuk terus berkembang dan menjadi penulis yang baik.
Sumber: okezone.com

Tidak ada komentar: