Ayo Tuliskan!!

Laman

Senin, 06 Agustus 2012

Trik Belanja Bareng Si Kecil Tanpa Rewel


Sering kali kita mengajak si kecil berbelanja dengan maksud agar dia bisa melihat dunia luar sekaligus menghibur hatinya. Namun kenyataannya, seringkali si kecil susah diatur, merengek minta ini-itu atau ngamuk menangis menjerit-jerit. Apakah kamu pernah mengalaminya? Jangan putus asa, Mom! Ternyata mengajak si kecil berbelanja ada triknya. Coba deh praktikkan! Dijamin, acara belanja bareng jadi asyik.
Kegiatan berbelanja adalah salah satu aktivitas yang rutin kita lakukan, bisa tiap hari, mingguan atau malah bulanan. Kegiatan rutin ini makin seru bila dilakukan bersama dengan anggota keluarga lainnya, yaitu bersama ayah dan anak-anak tentunya. Bagi ibu yang biasa mengajak anak-anak ke pusat perbelanjaan, sering kali kewalahan dengan tingkah si kecil yang tiba-tiba rewel. Untuk menghindari kegiatan belanja jadi kacau,  simak cara ampuh mengajak anak-anak berbelanja berikut.


Bikin Kesepakatan
Sebelum kamu dan si kecil berbelanja, ada baiknya kamu buat kesepakatan sederhana. Seperti pemahaman kalau selama di tempat berbelanja, si kecil harus terus tetap berada di dekat kamu atau ayahnya. Sebelum pergi, beri pengertian pada anakmu, bahwa saat berbelanja, nggak boleh berteriak-teriak karena bisa mengganggu orang lain. Selain itu, sebelum berangkat pastikan barang  yang akan dibelinya di sana, dan buat si kecil berjanji nggak akan membuat permintaan dadakan di sana apalagi sampai menangis. Tegaskan bila itu terjadi kamu tetap tidak akan menurutinya.
Setelah aturan sederhana disepakati, kamu harus menghargai sikap manis yang sudah ditunjukkan anakmu. Berikan reward agar si kecil merasa dihargai, seperti memberikan kesempatan memilih satu makanan favoritnya. Namun, bila aturan yang telah dibuat sama sekali tidak dijalankan, kamu harus tegas menghadapinya. Misalnya si kecil berlari-larian atau membuat keributan dengan suaranya. Bila itu terjadi, jangan terbakar emosi, kamu bisa menggandengnya dan mengajak si kecil ke tempat yang sepi. Kemudian berilah pengertian bila si kecil masih seperti itu lebih baik acara belanja dibatalkan atau ia nggak akan mendapat reward yang telah dijanjikan. Katakan semuanya dengan tenang dan tegas.
Salah satu trik yang bisa kamu coba untuk balita kecilmu adalah memilih kereta belanja yang memiliki dudukan untuk si kecil. Bila si kecil berada di kereta belanja, tentu kamu akan sedikit lebih tenang karena dia akan terus berada di depan mata.
Belanja Sambil Belajar
Biarpun kamu yakin mengajak si kecil berbelanja pasti akan menyenangkan, kamu harus tetap pintar melihat momen, Moms. Jangan sampai kamu hanya sibuk melihat daftar barang dan harga barang belanjaan saja. Ajaklah si kecil untuk tetap berinteraksi agar menarik perhatiannya. Mainkan permainan sederhana dengannya. Katakan kepada balitamu untuk menghitung berapa banyak orang yang pakai baju biru atau mengambil pasta gigi sejumlah yang telah kamu disebutkan. Bila anakmu sedang belajar mengenal huruf atau belajar baca, tunjuk salah satu nama  makanan dan buat ia sebutkan huruf atau mengeja kata-katanya. Ingatkan bila dia salah menghitung atau salah menyebutkan huruf dalam mengeja. Jadi banyak cara untuk bisa tetap happy berbelanja denga nsi kecil kan? Let’s have a happy shopping, Mom!
Pilih Waktu yang Tepat
Memilih waktu yang tepat adalah salah satu hal penting bila kamu ingin mengajak si kecil shopping. Cobalah untuk tidak berbelanja saat kamu telah melewati hari yang buruk atau melelahkan di kantor. Karena di saat kamu merasa drop, kesabaran menghadapi si kecil tentu berkurang. Nggak asyik kan kalau acara belanja jadi penuh dengan omelanmu. Selain itu, hindari anak-anak dalam keadaan lelah dan lapar. Bila si kecil dalam keadaan seperti itu, pertama mereka tidak akan semangat dan pasti akan meminta untuk makan dan istirahat saat belanja berlangsung. Lalu, janganlah berbelanja pada larut malam. Selain memang waktunya tidur, si kecil akan lebih rewel dan lebih moody karena mengantuk.
Kemudian pilih waktu yang buat kamu leluasa dan tidak terburu-terburu. Proses berbelanja lebih enak bila kamu  santai menjalaninya. Bila sang ayah berhalangan menemani, jangan kamu lakukan sendiri dengan si kecil. Pilihannya kamu bisa mengatur ulang waktunya atau ajak orang dewasa lain seperti pengasuh atau adikmu agar bisa membantu menjaga si kecil. Kamu akan sulit fokus berbelanja dan menjaga si kecil bersamaan. Ada yang membantu akan sangat berguna bagi kamu dan si kecil.

Tidak ada komentar: