Ayo Tuliskan!!

Laman

Senin, 16 Maret 2015

Assalamualaikum, ASSALAAM




Alhamdulillah buku ke-6 saya telah terbit, “Makin Sakit? Makin Baik!”. Mohon doanya agar saya bisa melahirkan banyak lagi buku-buku berikutnya. Semua ini tentu tak lepas dari ilmu dan doa dari guru-guru tercinta. 6 tahun di pondok dulu bukanlah waktu yang sedikit.

Jadi teringat tempat pertama yang menstimulasi jari jemari ini menulis. Menulis apapun yang menggenang di otak dan yang menumpuk di hati. Dari pelajaran yang kadang tertinggal karena guru yang tak masuk atau karena derasnya kritik yang ingin sekali mengomentari. Namun apa daya?
Hanya tulisan yang paling mampu menampung. Sewaktu itu diary (hehe..) Mungkin karena faktor kepribadian saya yang introvert.

Sejak itu saya percaya. Hanya tulisan yang bisa menjadi objek pelampiasan meskipun tanpa kejelasan arah jalan. Di samping segala macam bentuk kegiatan ekskul yang mewarnai. Dan saya baru tersadar bahwa semua yang pernah dilakoni punya daya sumbang tersendiri dalam melahirkan tulisan- tulisan. Dan punya efek bagi cita rasa setiap tulisan.

6 kegiatan yang menjadi fokus selama 6 tahun di pondok dulu, ternyata punya keajaiban tersendiri bagi saya dalam menyelami dunia kepenulisan. Berkecimpung dalam dunia tulisan sudah pastinya akan melatih saya untuk gemar belajar mengambil kesimpulan. Dan hebat benar para pengajar/pelatih yang berhasil membimbing saya ketika itu. Ini kesimpulannya:

Kaligrafi yang saya tekuni ternyata penyumbang jiwa seni. Atletik yang dulu saya lakoni ternyata pembakar jiwa pemberani. Pidato yang dulu terpaksa saya geluti karena tuntutan “alumni” ternyata merangsang jiwa berkobar untuk menyampaikan pesan secara berapi-api. Baca kitab yang dulu juga terpaksa saya geluti ternyata menyumbang jiwa untuk tetap mengenal dan mengagumi siapa itu Rabbi. 

Didikan pramuka yang dimulai dari penggalang hingga bantara ternyata mendidik saya menikmati asyiknya berkelana dan menjelajah meskipun hanya bermodalkan kata sandi. Tak lupa juga jabatan ketua OSIS dan OPPA yang dulu sangat saya takuti ternyata menjadi penempa jiwa menjadi seorang leader dalam mencari solusi. Subhanalllah 

Maka nikmat Tuhan manalagi yang harus didustakan?

# Jiwa seni tentulah barang ajaib dalam melahirkan tulisan. Terbukti, kebanyakan kita tak hanya mau mencari pengetahuan saja ketika membaca, tapi perasaan nyaman. Di sinilah jiwa seni seorang penulis dibutuhkan. Seni menyamankan pembaca yang beragam.

# Jiwa pemberani tak luput juga sangat penting. Bila penulis tak berani menulis ide-ide yang mungkin hanya diberikan Tuhan dalam otak dan hatinya mana mungkin akan menjadi sebuah buku yang bisa dilahirkan dan bermanfaat bagi sesama

# Menyampaikan pesan berapi-apipun sangat diperlukan bagi seorang penulis. Jika rangkaian kata yang diracik hanya biasa saja tentu ini tak menstimulasi pembaca semangat membaca karya penulisnya. Tulisan yang baik pun harus memotivasi bukan?

# Mengenal siapa itu Rabbi tentu kebutuhan paling vital bagi seorang penulis. Karena hanya dari Allah-lah segala ilmu dan pengetahuan bisa didapat. Semakin dekat dan akrab dengan-Nya semakin baik juga untuk pertumbuhan dan perkembangan tulisannya. 

# Bermodalkan kata sandi adalah modal utama juga dalam menulis. Setiap kejadian, pertanyaan, pernyataan tak lain bagaikan kata sandi. Seorang penulis pun harus belajar lihai dalam memecahkan arti yang tersirat dari setiap kejadian untuk mendapatkan inspirasi.

# Menjadi leader yang solusif pun sama. Tak harus menjadi presiden, bupati atau jabatan apalah. Menjadi penulis pun butuh jiwa seorang leader. Sehingga segala waktu, potensi yang dimilikinya bisa diarahkan menjadi tulisan. Kita dilihat karena karya bukan kata-kata.

Terima kasih teruntuk semua guru, ustad dan ustadzah yang selama 6 tahun tak pernah bosan berbagi ilmu. InsyaAllah sampai sekarang bisa bermanfaat. Aamin. Mohon doanya juga ya, agar saya bisa bersalin secara lancar di bulan depan. Bila berminat memiliki bukunya langsung hubungi ke penerbit. Soalnya belum tersedia dalam toko buku.

Web     : www.dapurbuku.com
PIN     : 521F4512
SMS    : 081281956427

Tidak ada komentar: