Ayo Tuliskan!!

Laman

Kamis, 26 Mei 2011

“Bunda, Aku Bukan Kera!”



“Bukankah dia mulanya hanya setetes mani yang ditumpahkan kedalam rahim. Kemudian mani itu menjadi sesuatu yang melekat, lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya. Lalu dia menjadikan darinya sepasang laki-laki dan perempuan”.
“Undang-undang-Nya itu kayaknya benar lho Bunda. Di akhir bulan keempat ini ternyata aku menjadi sosok yang cantik. Namanya kalo di dunia luar apa ya?
Bunda, semalam aku didatangi sama sosok yang aku nggak kenal. Dia kayaknya niup sesuatu sama aku. Yang kata alumni sini katanya yang ditiupin itu namanya “roh”. Siapa itu Bunda? Ngapain dia disini selain niupin “roh” sama aku? Jadi penasaran...kapan lagi yah dia datang bertamu disini karena nggak ada tamu lagi yang baik selain dia.
Karena aku si cantik makanya aku paling suka sejarah. Kata “om Mario Teguh” gitu Bunda.
Dulu, aku memang terjadi karena pertemuan antara “si panjang berekor” mirip kecebong tapi pake topi yang makin keliatan dia ganteng. Seingatku merek topinya akrosom. Mahal lho!. Mungkin itu kali ya sebabnya si ganteng pake topi juga di dunia luar?? Pasukannya banyakkk...banget, malah sampe 650 juta tapi yang menang dalam lomba itu hanya satu saja. Wahhh...yang lainnya pada kemana ya?? Bentar nanti bakalan aku tanyain sama Bunda. Dan Bunda wajib jawab! nggak pake nggak...heheh. Ngancam dikit gak papa ya Bun?
Lanjut...Kalo aku nggak melekat setelah pertemuan itu tentunya aku bakalan cepat hilang dari dunia mini ini. Memang lembaran Al-qiyamah nomer 36-38 itu benar! Undang-undang yang dipatuhi sama perut Bunda. Penduduk disini saja menepati undang-undang, apa penduduk luar juga gitu ya?? Iya mungkin.
Aku lega sekali!
Karena kepastian yang aku tunggu sekarang udah dapat. Jadilah aku si cantik yang imut. Tapi alumni lain juga ada yang jadi si ganteng, tapi kebanyakan nakal.
Kini aku udah tahu berat badanku. Bukan karena disini ada timbangan berat badan lho dan meteran? Ajaib kan! Beratku udah 100 gram, tinggiku sekitaran 17 senti katanya. Kata siapa ya? Aku kayaknya udah lupa..heheh
Oh ya, di bulan ini hobiku olahraga. Hmmmm...nendang-nendang gitu. Tapi aku kan si cantik? Nggak maulah jadi pemain bola. Tetap pengen jadi penulis.
Aku dengar diluar, banyak juga si cantik yang kerjaannya kayak si ganteng . Malah ada yang pengen disamain dalam hal derajat gitu?? Suhu derajat gitu or? Kan sama-sama ada derajatnya.  Ahhh...aku masih bingung.
Tapi, masa iya si cantik pengen jadi si ganteng? Kalo istilahnya diluar “banci” gitu katanya. Ahah..kosakata baluuu..”
Kenapa mereka suka gitu ya Bunda? Padahal kan kalo sesuai Undang –undang Tuhan itu nggak boleh. Ahhh..mungkin mereka nggak lulus kali ketika SD dulu, PPKN-nya mungkin merah makanya kayak gitu. Dimana rasa syukurnya? Padahalkan setiap yang dikasih itu, itulah yang terbaik. Kalo memang mikir! Lagian, mereka juga pernah kayak aku punya status berkepala besar sewaktu doelu-doelu.
Oh ya Bunda, afwan jiddan[1] ya? Selama akhir bulan ini perut Bunda udah aku anggap kayak lapangan sepak bola buat latihan nendang-nendang. Tapi, yah begitulah Bunda. Sebagai calon anak sholeha ya ikut Undang-undang Tuhan. Kalo nggak gitu para pasukan seragam putih nanti bakal ngasih tugas sama Bunda buat nyatat berapa kali tendangan aku yang gol. Kalo nggak sampai sepuluh kali, katanya aku malas lagi disini, tak ada pergerakan. Bentar Bunda juga kena vonis kalo nggak hamil!apa tuh?”
#          #          #
Bunda sementara dengerin murottal[2], setelah itu didengarkan juga untuk perutnya. Yah.. kata dokter Nurhayati sewaktu dirinya mengikuti seminar konseling dan psikoterapi islam di Malasya kebiasaan itu punya efek yang baik untukku. Ingatan itu masih jelas benar.
“ Efek murottal tidak kalah hebat, bahkan jauh lebih hebat bila dibandingkan dengan musik klasik itu sendiri. Buktinya jelas, bahwa bayi yang berusia 48 jam menunjukan respon tersenyum dan tampak lebih tenang ketika diperdengarkan bacaan Al-quran. Tidak hanya mempengaruhi IQ dan EQ tapi juga SQ”
#          #          #
“ Hmmm...merdunya. Siapa sih yang lagi nyanyi?? Meskipun rada-rada aneh nggak kayak bahasa Bunda tapi enak di dengar. Sastranya tinggi. Suara Bunda kayaknya nggak. Habis suaranya rada-rada keras gitu nggak selembut suara Bunda.
Oh ya, katanya kalo aku di luar sana bakalan dikasih semacam rajutan dari banyak benang biar aku nggak kayak di ruang gini. Nggak pake apa-apa. Tapi, kata alumni yang suka ngerumpi itu banyak juga yang nggak suka pake semacam baju gitu. Malah bajunya yang belum selesai di jahitpun udah pada dipake. Masa sih gitu?? Apa mereka buru-buru kali ya make macam gitu? Tapi katanya juga pengen dibilang seksi! Masa sihhhh....
Ahhhhh..aku pengen tanya sama Bunda nanti. Kenapa mereka nutupnya dikit-dikit? Padahal kalo kata alumni yang ganteng, malah mereka suka ngeliat gituan. Asyik gitu mungkin. Sekali lagi disini aku hanya bisa menebak dan menebak. Mungkin ada dikit-dikit gen wartawan kali ya? Bunda harus siap jadi narasumber aku nantinya.
Bunda. Kenapa juga ya bermunculan semacam rambut di tubuhku. Itu nggak bahaya kan? Bentar,  kalo kebanyakan bakal jadi kera lagi. Kalo iya berarti aku dukung habis donk teorinya Mbah Darwin! Padahal aku nggak mau.... masa aku dari keturunan kera! Berarti Mbah Darwin gitu juga donk???
Padahal kalo aku amati keajaiban disini. Sunguh terlalu orang yang dukung kata-kata itu Bunda. Jumlah kromosom[3]-ku seingat aku sewaktu belajar menghitung jumlahnya itu 46 sementara kera 48. Beda donkkk? jangan anggap aku kera juga ya?
Lagian dimasa-masa aku sekarang ini bulu-bulu itu nggak tumbuh diseluruh badanku, sedangkan kera, bulunya udah nggak muat tuh di perut Emaknya. Kalo soal ekor?? Kera iya , tapi aku hanya mampir di ruang ini aja, ketika aku 4 minggu disini. Nanti sebentar aku keluar udah nggak ada lagi ekornya.
Belum lagi perbandingan berat otak sama berat badan. Beda banget sama “si kera”. Aku 1 banding 50 , nah kalo si kera 1 banding dua ratus dua puluh lima. Huuuhhh...sekarang aku udah buktiin kalo aku emank beda sama kera!. Jadi Mbah Darwin nggak bisa vonis aku keturunannya “Mbah kera”. Karena aku ngerasain langsung disini mbah?
#          #          #
“ Hahhhhh...masih pengen cerita diakhir minggu ke limaku di ruang penginapan yang serba gratis ini. Pada pengen nggak kos-kosan disini?gratis lho!
Dup,lup,dup,lup,dup......bunyi-bunyian yang selalu jadi nada dering disini kalo aku masih ada. Malahan diluar sana pada heboh kalo nggak ada bunyi aneh itu dibalik ruang penginapanku. Berharga banget rupanya suara aneh itu!
Perut Bunda pada jadi bahan incaran sama calon-calon Bidan itu. Aku kayak jadi artis disini. Masih di perut aja uda gini, gimana kalo aku keluar yah?? Suara jantung aku aja pada pengen di denger. Yah, pake dopler[4] pokoknya gitulah, apa itu ya? Pertanyaan lagi buat Bunda!
Meskipun diakhir bulan ini aku rindu lihat dunia luar tapi kayaknya belum bisa. Meskipun jika aku lahir nanti udah bisa berusaha untuk kenalan sama oksigen. Bernafas. Tapi jujur aku nggak mau....
Kata alumni sini kalo aku pengen keluar dari ruang penginapan ini maka masa aktifku cepat habis. Tapi ada juga loh, alumni yang lahirnya dibulan ini. Hebatttt bangett..malah sekarang dia jadi manusia tercepat lahirnya versi on the spoot. Kalo nggak salah, kabar terakhir dari alumni laen umurnya sekarang udah 5 tahun gitu. Ajaib!
Padahal menurut pasukan seragam putih, dia itu divonis masa aktifnya nggak lama. Tapi...lagi-lagi kuasa Tuhan. Siapa yang mau bantah? Bantah aja kalo mau!hahah...
#          #          #
“ Haahhhh? Diakhir bulan ke enam berat badanku bertambah! Masa jadi 600 gram. Aku pengen ngerasain dietttt...biar nggak OB(obesitas)[5]. Huffftttt....
Bunda sih makan banyak! Aku kan nggak jadi cantik lagi. Sebel. Ahhh...biarin yang penting aku tetap imut. Bukan ikutan muka tuyul lho! Tapi ikut cantiknya Bunda. Heheh ...
Lemak-lemak itu pada numpuk dibawah kulit aku. Makanya aku kelihatan lebih berisi. Apa si cantik diluar sana juga pada gendut ya Bunda? Kalo Bunda sih wajar aja. Karena Bunda udah relain perut Bunda jadi tempat penginapan aku. Yah begitulah sesuai Undang-undang Tuhan.
Coba Bunda liat pasal Al-Mu’minun nomer 12 sampe 13. Kenapa sampe perut Bunda jadi lokasi penginapan aku bukan perut Ayah saja?
Dan sungguh kami telah menjadikan manusia dari saripati(berasal) dari tanah. Kemudian kami menjadikan air mani yang disimpan dalam tempat yang kokoh(rahim).
Bener kan Bunda? Tempat penginapanku selama ini ternyata nggak ilegal. Ada surat-suratnya yang jadi jaminan. Kalo aku tinggal di perut Ayah mungkin udah keburu diusir duluan. Nggak terima kontrakan!
Di akhir bulan ini. Kayaknya aku agak minder Bunda, kalo diliatin pake USG gitu. Karena wajah aku udah kriput kayak “Mbah”. Kulit-kulit aku juga dilindungi sama lemak makanya aku kelihatan merah tapi lemak itu yang jadi pengawal aku disini. Maklum, mantan artis...heheh
Tapi, kenapa di luar sana aku denger nenek dulu dan sekarang beda? Katanya udah kayak anak muda gitu karena penampilannya udah maco. Malah pake jins, pokoknya deh gaul abis gitu. Pengen liatttt...
Mumpung kelopak mata aku bisa terbuka. Tapi sama aja aku belum bisa lihat. Ngerasain adanya cahaya aja bentar sebulan lagi. Gimana bisa lihat nenek pake jins? Hufttt...
Kalo aku bisa lucuran sampe di dunia luar. Sangat mungkin aku udah bisa bernafas dan menangis, kemungkinan masa aktifku juga lebih lama. Tapi, karena kondisi badan aku masih terbilang lemah. Bolehlah aku umpamain kayak nyala lampu yang sedikit banget.
Mungkin juga untuk jadi besar tapi gampang sekali padam karena kongslet sama dunia yang belum cocok. Makanya mendingan aku disini aja. Nungguin waktunya tiba untuk bisa meluncur.
Bunda, sabar ya nungguin aku? Salam rindu dari “si cantik”
“ Yah, coba deh kemari. Si dede lagi nendang nih” Bunda manggil Ayah yang lagi sementara baca. Ayah beranjak sambil megang perut Bunda dan sesekali meletakan telinganya di perut Bunda. Seandainya di rumah ada USG tentu keduanya bisa melihat respon putrinya yang sementara tersenyum. Karena si Bunda baru selesai mendengarkannya murottal yang dianggap berpengaruh besar terhadap ketenangan jiwa si buah hati sebagaimana Dokter Al-Qadhi teman Ayah pernah menyarankan.


[1] Maaf banget
[2] Lantunan ayat suci Al-quran melalui rekaman
[3] Benda berukuran kecil yang banyak menyimpan pembawa sifat(gen)
[4] Alat untuk mendengar denyut jantung janin
[5] kegemukan

Tidak ada komentar: