Ayo Tuliskan!!

Laman

Kamis, 20 September 2012

Amerika Serikat Dijangkiti Virus West Nile


Hidayatullah.com—Sedikitnya sudah 46 orang tewas akibat virus West Nile (Nil Barat) di Texas tahun ini, demikian lapor media setempat yang dikutip Xinhua Jumat (7/9/2012).
Kematian terakhir dilaporkan terjadi di Dallas County dan El Paso County pada hari Kamis lalu, di mana masing-masing daerah itu mengkonfirmasi satu kematian akibat virus West Nile, lapor stasiun televisi ABC 13.
Pada tingkat nasional, Texas adalah negara bagian di Amerika Serikat dengan jumlah korban tewas West Nile terbanyak. Kasus virus West Nile di Texas tahun ini merupakan yang terburuk, dengan jumlah korban 45% dari total korban di seluruh Amerika Serikat dan separuh penderitanya meninggal dunia.
Menurut laporan resmi, infeksi West Nile di Texas tahun 2012 sudah mencapai 1.013 kasus, atau lebih dari dua kali lipat angka tertinggi sebelumnya. Dari jumlah itu terdapat sedikitnya
523 kasus neuroinvasive, sakit yang menyerang sistem syaraf, yang disebabkan oleh West Nile. Tahun 2003, di Texas terdapat 439 kasus neuroinvasive.
Menurut pejabat federal, jumlah kasus West Nile di Amerika Serikat pada awal September 2012 ini juga merupakan angka terbesar sejak penyakit itu ditemukan muncul di AS pada tahun 1999.
Pada 4 September 2012, sebanyak 48 negara bagian di AS melaporkan adanya infeksi virus West Nile pada manusia, unggas dan nyamuk. Jumlah infeksi tertinggi terjadi di Texas, South Dakota, Mississippi, Oklahoma, Louisiana dan Michigan.
Virus West Nile pertama kali teridentifikasi di Uganda tahun 1937. Bibit penyakitnya dibawa oleh nyamuk dan dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf pada sejumlah penderitanya. Gejalan infeksi West Nile yang tampak antara lain demam tinggi yang terjadi tiba-tiba, sakit kepala, mual, pusing dan otot lemah.*

Tidak ada komentar: