Ayo Tuliskan!!

Laman

Sabtu, 10 September 2011

Ramadhan Bagi-Bagi Sehat

Ramadhan multi sehat, kenapa? Karena dibalik bulan ramadhan terdapat tiga kesehatan yang bakalan didapat sekaligus.

Sehat secara fisik

Secara medis puasa ramadhan yang kita jalani ternyata sesuai dengan siklus biokimia. Yang mana, jika kita ambil patokan dari selesai makan sahur sekitar jam 3-an sampai adzan magrib sekitaran jam 6-an. Maka waktu yang kita butuhkan untuk menahan diri dari tidak mengkonsumsi makanan dan minuman adalah 15 jam. Sementara itu proses yang akan terjadi selama kita berpuasa adalah proses glikolisis. Kesimpulannya dari proses ini akan menghasilkan asam laktat, asam piruvat dan energi yang akan kita gunakan untuk beraktivitas. Proses ini akan habis selama 18 jam. Jadi, puasa ramadhan sangat logis karena tidak melebihi batas waktu 18 jam.

Sehat secara psikologi

Ketika kita berpuasa dan disamping itu menjalankan ibadah-ibadah tambahan lainnya. Maka akan menghasilkan sebuah ketenangan karena di bulan ini kita termotivasi oleh keajaiban langsung dari Tuhan yaitu diberikan berkah, pahala dilipat gandakan, jaminan magfirah dari-Nya dan satu minggu terakhir ada jaminan dibebaskan dari siksa api neraka. Motivasi ini kiranya menjadi semangat baru untuk beribadah. Yang kesimpulannya ketenanganlah yang kita dapat. Dan menurut seorang dokter yang pernah meraih nobel dalam bidang kedokteran bahwa orang yang mampu mengatasi keresahannya tidak akan cepat mati.

Sehat secara sosial

Dengan adanya acara buka puasa bersama, shalat tarawih berjamaah tentunya kita akan bertemu dengan saudara-saudara kita lainnya yang mungkin secara keseharian karena kesibukan kita tak sempat bertegur sapa. Dengan adanya ivent-ivent ramadhan tali silaturahim kita akan semakin terikat kembali dan dari sini akan lahir suatu ikatan persaudaraan yang tak pernah terputus. Dengan banyak bertemu kenalan maka makin banyak pula kesempatan kita untuk saling tukar menukar informasi, pengalaman, sharing yang dalam berbulan-bulan atau sampai bertahun-tahun tak bertemu. Jadi kebahagiaan akan terasa nikmat. Ketika kita bahagia, saraf-saraf kitapun tak menjadi tegang. Dan ini adalah awal dari seseorang sehat.

Tidak ada komentar: